Penelitian ini menguji implementasi pembelajaran kooperatif pada program studi akuntansi fakultas ekonomi universitas trunojoyo. Secara khusus penelitian ini bertujuan 1) untuk menguji pengaruh pembelajaran kooperatif dengan metode divisi pencapaian kelompok mahasiswa terhadap nilai mata kuliah akuntansi pengantar II, 2) untuk menguji apakah indikator-indikator pembelajaran kooperatif seperti sikap terhadap teman kelompok, sikap terhadap kelompok ahli, sikap terhadap masalah-masalah akuntansi di kelas, harga diri, kemampuan interpersonal dan persepsi terhadap pencapaian menurut jenis kelamin dan kemampuan akademik. Sebanyak 43 orang mahasiswa program studi akuntansi fakultas ekonomi universitas trunojoyo diberi perlakuan pembelajaran kooperatif. Dari hasil pengujian probit, dapat disimpulkan bahwa hanya variabel pengimplementasi pembelajaran kooperatif yang signifikan berpengaruh terhadap perolehan nilai mata kuliah akuntansi pengantar II yang memuaskan. Hasil pengujian analasis varian multivariate menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan dan perbedaan antara jenis kelamin laki-laki dan wanita serta antara mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik yang tinggi dan yang rendah dalam memandang variabel-variabel yang mengukur konstruk pembelajaran kooperatif.
(posting by : http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/aku/article/view/17930)
(posting by : http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/aku/article/view/17930)